3. Silangkan perempuan buta warna XcbXcb dengan laki-laki normal xy tentukan prosesntase keturunan nya?​

3. Silangkan perempuan buta warna XcbXcb dengan laki-laki normal xy tentukan prosesntase keturunan nya?​

Jawaban:

Dalam kasus ini, kita sedang menggambarkan persilangan antara seorang perempuan pembawa gen buta warna (XcbXcb) dengan seorang laki-laki normal (xy) yang tidak membawa gen buta warna. Mari kita lihat bagaimana kromosom kelamin mereka akan berpasangan dan menghasilkan keturunan:

- Perempuan pembawa gen buta warna (XcbXcb) memiliki dua kromosom X, di mana salah satu dari kromosom X tersebut membawa gen buta warna.

- Laki-laki normal (xy) memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y.

Hasil persilangan ini akan menghasilkan keturunan dengan peluang sebagai berikut:

1. Anak laki-laki (Xcy): 50% kemungkinan. Mereka akan memiliki kromosom X dari ibu (yang mengandung alel buta warna) dan kromosom Y dari ayah.

2. Anak perempuan normal (XcX): 50% kemungkinan. Mereka akan menerima kromosom X normal dari ibu (tanpa alel buta warna) dan kromosom X dari ayah.

Dalam persentase, ini berarti bahwa 50% keturunan akan menjadi anak laki-laki (Xcy) yang normal dalam hal penglihatan warna, dan 50% akan menjadi anak perempuan (XcX) yang normal dalam hal penglihatan warna. Tidak akan ada keturunan laki-laki yang membawa gen buta warna (XcbY) dalam kasus ini karena gen buta warna terletak pada kromosom X yang hanya diwariskan oleh ibu.

Previous
Next Post »
0 Komentar